Pengenalan Internet Sehat - TKJ

Minggu, 18 Maret 2018

Pengenalan Internet Sehat

Assalamualaikum wr.wb


Hai sobat, kali ini saya akan memposting evaluasi pada hari sabtu ini tenteng internet sehat? Seperti apa sih internet sehat itu? Simak ulasannya dibawah ini






1.Pengertian

Internet Sehat dan Aman (INSAN) adalah suatu program dari pemerintah Indonesia yang dicanangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kemkominfo) dengan tujuan untuk mensosialisasikan penggunaan internet secara sehat dan aman melalui pembelajaran etika berinternet secara sehat dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Penyelenggaraan program INSAN dalam bentuk roadshow dan forum diskusi. Media yang digunakan dalam kegiatan sosialisasi INSAN antara lain tatap muka, internet, televisi, radio, media cetak, media luar ruang dan animasi.


2. Pembahasan

Pengaruh konten negatif di internet berupa pornografi, perjudian, penipuan, pelecehan, pencemaran nama baik, cyberbullyng, dan kejahatan dunia maya menjadi alasan mengapa diperlukannya sosialisai dan pengenalan mengenai bagaimana perlunya memperkenalkan penggunaan internet yang baik dan sesuai sehingga dapat mengatasi bahaya yang mengancam dari dan konten-konten negatif yang ada. Kita harus memanfaatkan internet sepenuhnya secara positif.

Tujuan sosialisasi penggunaan internet sehat dan aman adalah proses edukasi dengan memberikan pemahaman yang cukup mengenai penggunaan internet secara bijak sehingga memaksimalkan dampak positif internet dan meminimalkan dampak negatif dari berinternet, sehingga tercipta masyarakat cerdas dan produktif.

Budaya INSAN ditujukan dengan melibatkan peran keluarga, orang tua, guru, dosen, komunitas, asosiasi, lembaga pelatihan, anak-anak, remaja, dan siswa didik. Aplikasi filtering dengan menggunakan blacklist DNS dan Whitelist DNS dan juga sosialisasi UU ITE bagi penegak hukum dan penyelenggara sistem elektronik.

3. Tips Internet Sehat bagi anak-anak
  • Tempatkan internet di tempat terbuka
  • Jangan menanggapi email dari orang yang tidak dikenal
  • Segera tinggalkan atau keluar dari situs liar yang tidak pantas untuk anak-anak
  • Jangan menanggapi ajakan pertemuan langsung
  • Jangan memberikan data pribadi dan keluarga, alamat rumah, kantor, sekolah, nomor telepon, tanggal lahir atau password dan data diri kepada orang lain ataupun saat mengisi data diri pada situs personal
  • Manfaatkan internet untuk keperluan belajar
  • Gunakan software proteksi ( Firewall, Antivirus, dan lain-lain) dan filter (K9 protection)
  • Gunakan browser khusus anak-anak


4. Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Internet_Sehat_dan_Aman 










Sekian, terima kasih.
Wassalamualaikum wr.wb  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar