Pembuatan Tower TriAngle (SEGITIGA) - TKJ

Sabtu, 20 Januari 2018

Pembuatan Tower TriAngle (SEGITIGA)

Bagaimana cara pemasangan tower TriAngle???

 


Assalamu'alaikum Wr.Wb

A. PENDAHULUAN
        
Pada kesempatan kali ini saya akan shareing mengenai cara pemasangan tower model TriAngle, yang baru saja saya dan teman-teman saya dari BLC Telkom Klaten kemarin shareing bersama mengenai tower model TriAngel ,selamat membaca.

B. LATAR BELAKANG
 
     Sebelum kita mampu benar-benar mengerjakan proyek pemasangan tower model TriAngel, tentu saja terlebih dahulu kita harus benar-benar belajar dan memahami mengenai tower model TriAngel tersebut, supaya pada saat proses pembuatan tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan ,akibat kita belum benar-benar memahami mengenai tower model TriAngel.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
 
     Maksud dan tujuan mempelajari mengenai pemasangan tower model TriAngle adalah apabila kita akan menyelesaikan proyek mengenai pemasangan tower terutama model TriAngel kita sudah memiliki gambaran dan sudah siap untuk pemasangannya.

D. ISI

Cara pemasangan tower TriAngle

  • Cara memasangkan penopang / pondasi :
1. Untuk menarik kabel, terlebih dahulu dibagi menjadi dua untuk bagain segitiganya tersebut, dan dilihat apakah titik pada pembagian sudah tepat belum. Cara untuk mengukur agar posisinya center, salah satunya dapat menggunakan laser.

2. Jarak untuk menarik kawatnya seluruh bagiannya harus sama disetiap titik sudutnya. diusahakan pada bagian  yang akan dijadikan penopang tidak boleh ada pohon, dinding, dsb yang menghalangi tower tersebut. apabila berbatasan dengan tembok rumah/bangunan maka terlebih dahulu dibuat tiang / alat lain yang sekirannya mampu dan kuat dijadikan penopang tower supaya tidak roboh / terjadi hal hal yang tidak diinginkan.
Apabila daerah sempit , tempat penopang harus tetap pada tanah tetapi di dalam tanah harus tetap ada penariknya / penopangnya supaya tetap kuat.

  • Cara pendirian Tower :
1. Pondasi bukan terbuat dari batu, tetapi dari besi yang di cor, hal pertama yang harus dilakukan setelah menggali tanah, adalah menentukan  titik titik yang akan di jadikan penopang TriAngle tersebut dan didalam tanah apabila disambungkan harus membentuk lingkaran.

2. Pada saat akan mendirikan tower, sudah harus terdapat kawatnya pada tower tersebut.

3. Apabila pada salah satu titik penopang terdapat penghalang (bangunan, dsb) maka titik penopang segitiga tersebut dapat diputar ke posisi ke posisi lain,  tetapi harus tetap memiliki titik segitiga tersebut, karena sifatnya dapat diputar dan setelah selesai barulah di cor.

  • Cara menambahkan tower diatasnya lagi :
1. Terlebih dahulu pada bagian bawah diberi cantolan supaya mempermudah untuk tower tambahannya ditarik nantinya.

2. Alat yang dapat digunakan untuk menarik adalah rol / katrol, supaya lebih mudah dan tidak berat.

E. PENUTUP
     Sekian yang dapat saya shareing pada kesempatan kali ini, Terimakasih.. semoga bermanfaat.

F. REFERENSI
    Shareing bersama dengan teman-teman dari BLC Telkom Klaten. 
 

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

 

2 komentar:

  1. Mohon infonya gan Cara ganti baut sambungan stik tower triangle Gimana ya gan biar gak tumbang ketika diganti.baut tower Kami Ada yg berkarat 1 baut penyambung stik tower triangle Nya. Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. aman kah bila tower triangle didirikan didalam rumah? pondasi nya ada didalam rumah... bila ada hujan atau geluduk apakah bisa meyambar?

    BalasHapus